thumbnail

RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI KUNING GORENG PEDAS

suka makan nasi goreng?
Rasa manis? Atau asin? Kali ini saya akan membagikan resep yang sering mamah saya masak sewaktu saya masih kecil. Penasaran pengen nyoba buat keponakan saya dan teman –temannya yang baru pulang main, pasti anak-anak kelaperan donk. Daripada ngasih makanan yang enggak – engak mending masakin nasi goreng kuning, karena keponakan saya dan temannya suka pedas, maka kali ini saya membuat nasi goreng kuning pedas. Rasanya mantap, selain lebih sehat karena kandungan dalam rempahnya juga lebih enak dari nasi goreng biasanya.

Bahan:
3 piring nasi putih
3 siung bawang merah
2 buah kemiri
1 buah kuning
Cabe rawit secukupnya
1 butir telur
Ayam suir
Toping ( sayuran, sosis, apa aja sesuai selera)
Garam secukupnya

Cara membuat:
Haluskan bawang merah, kemiri, kuning dan cabe rawit lalu tumis hingga harum, masukan telur dan sayuran ( kol/wortel) lalu tumis dan aduk-aduk kemudian  masukan nasi, aduk hingga semua tercampur. Masukan suiran ayam dan garam. Aduk hingga merata.

Kini nasi goreng kuning pedas siap di santap!

thumbnail

RESEP DAN CARA MUDAH MEMBUAT CEKER GORENG YANG RENYAH DAN SAMBAL IJO SUPER PEDAS

Suka dengan ceker ayam? Di bumbu kecap? Pedas manis? Atau di seblak?
Bagi anda pencinta ceker ayam seperti saya, menikmati ceker ayam punya seni tersendiri, dimana kita memakan ceker ayam ini penuh dengan teknik dan cara yang unik. Makannya aja unik apalagi rasanya enak banget, meskipun bukan daging yang empuk yang kita santap, tapi ceker ayam ini lebih nikmati di banding daging ayam , menurut saya hehhe.
Nah ini adalah menu andalan yang saya bikin sendiri untuk menikmati ceker yang krispi super pedas. Namanya ceker goreng sambal ijo, biar aga lebay kita ganti namanya menjadi cekyur ronggeng sambal cocol.

Bahan ceker goreng:
¼ kg ceker ayam
Minyak goreng
Kemiri 3 buah
Bawang merah 5 siung
Kuning 2 buah
Jahe dikit aja
Ketumbar secukupnya
Garam dan penyedap
Sedikit gula putih
3 gelas air putih

Cara membuat;
Haluskan semua bumbu, kemudian tumis dan masukan 3 gelas air putih biarkan hingga mendidih tambahkan gula, garam dan penyedap. Masukan ceker dan ungke hingga air kering ( habis )
Biarkan beberapa menit / dinginkan ceker, lalu goreng hingga warna kecoklatan
Ceker siap dihidangkan.

Bahan sabal ijo:

2 siung bawang merah
Cabe rawit sebanyak – banyaknya ( sesuai selera)
Kemiri 1 buah
Segelas air
Minyak goreng
Garam dan penyedap

Cara membuat:
Haluskan cabe rawit, kemiri dan bawang merah, kemudian tumis hingga halus tambahkan segelas air putih. Aduk dan tambahkan garam dan penyedap aduk – aduk lagi hingga bumbu tercampur, masak hingga air menguap / agak kering.
Angkat lalu hidangkan


Kini ceker goreng renyah dan sambal ijo siap dinikmati!

thumbnail

KEISTIMEWAAN BULAN RAMADHAN

Memasuki bulan Ramdhan, kita semua menyambut dengan penuh dengan bahagia. Siapa yang tidak berbahagia, di bulan Ramadhan semua amal kita dilipat gandakan, setiap amalan yang kita lakukan akan menghapus dosa-dosa kita, dan sebagai bulan yang Suci untuk mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Di bulan Ramdhan begitu banyak keistimewaan yang terkandung di dalamnya, sebagaimana firman dan hadist berikut ini:

Khutbah Rasululah saw pada akhir bulan Sa`ban “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Bukhori-Muslim).













thumbnail

KEISTIMEWAAN BULAN RAJAB

Bulan Rajab adalah bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Bulan Rajab ini sangat baik digunakan untuk mendapatkan amalan-amalan kebaikan untuk kita tingkatkan, di bulan ini mari kita perbanyak beribdah dan bertaubat. Karena bulan ini adalah bulan yang sangat istimewa.


Berikut beberapa hadist yang menerangkan tentang kemuliaan bulan Rajab:






thumbnail

BOLEHKAH KITA CURHAT TENTANG KEBURUKAN KITA?


Saat kita bahagia ataupun sedih rasanya ingin berbagi cerita, memberi kabar bahwa hati kita sedang berduka atau berbahagia. Hal kecil hingga besar kadang di dalam hati ada sesuatu yang ingin di sampaikan.
Hemmmm.... curahan hati hanya bisa di sampaikan kepada sahabat sejati yang tentunya harus bisa di percaya.
Banyak hal yang boleh kita ceritakan kepada orang lain/ orang terdekat, tapi ada banyak hal yang tak perlu orang lain tahu.
Nah sobat kesalahan fatal yang sering kita lakukan adalah, ketika hati kita senang melakukan sebuah kebodohan atau sesuatu yang menantang, dan kita berhasil melewatinya rasanya belum puas jika belum cerita.
Hmmmm.... tapi? Gini lo sobat, ada hal yang gak bisa kita ceritakan semuanya ke orang lain. Apalagi tentang masalah pribadi yang sangat mendetail.
Contohnya mengumbar aib pribadi dengan bangga, dari sebagian orang melakukan seperti perselingkuhan, atau hal yang lebih extrem dari itu adalah hal yang membanggakan dan kurang sreg kalo gak cerita. Atau anda punya masalah berat yang anda hadapi dan itu sulit anda lalui anda ceritakan pada orang lain, sedang itu adalah aib yang anda pikul.
Maka apa yang terjadi? Boleh jadi orang itu amat sangat anda percaya, tapi tak ada satupun manusia yang bia menjaga rahasia, bisa jadi rahasia/aib anda akan sampai ke mulut yang lain. Dari satu mulut hingga ke mulut yang lainnya.
Atau mungkin jadi senjata yang di pegang oleh orang yang anda percaya, dan jika anda ada masalah bisa saja hal itu yang akan menjadi boomerang bagi anda.
Kalo bisa jangan umbar aib sendiri, membicarakan orang lain saja gak boleh. Apalagi kalo kita ngumbar aib sendiri.
Boleh curhat tapi ada hal – hal yang harus anda perhitungkan, kalo hal kecil yang tidak berkaitan dengan nama baik anda boleh lah... tapi kalo ada jangan ya. Gak semua orang bisa anda percaya bisa saja suatu saat menikam anda.
Berfikirlah yang cerdas, dan perhitungkan hal apa yang pantas dan tidak yang akan anda bagi sama orang yang anda percaya.

Nah... sedikit banyak untuk mengingatkan diri kita. Bahwa tak semua orang berhak tahu tentang diri kita

thumbnail

MITOS TENTANG POHON DAN BUAH PEPAYA

Semua orang tahu manfaat dari buah pepaya, manfaat dan kandungannya benar-benar menjadi salah satu buah favorit dengan harga yang terjangkau.
Kaya akan serat dan vitamin, untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Widih biar sehat dan awet muda donk ya, tapi tahukah anda di balik rasanya yang enak dan manis si buah pepaya ini juga memiliki mitos yang masih di percaya masyarakat kita.

Jangan makan pepaya busuk

Percaya atua tidak, memakan buah pepaya yang busuk di percaya bahwa jika seorang wanita memakan buah pepaya yang busuk, maka di kemudian hari payudara si wanita tersebut akan mengalami hal yang tidak menyenangkan, konon katanya akan mengalami pembusukan di bagian payudara. Serem ya

Jangan naik pohon pepaya

Jaman dulu di percaya orang yang naik pohon pepaya, hanya sekedar iseng ( main-main), tinggi rendahnya pohon itu, apabila si pemanjat jatuh akan mengalami kegilaan. Tak seberapa besar parah jatuhnya di percaya akan menjadi gila.

Hmmm... bener gak sih? Percaya ga?

thumbnail

MITOS SEPUTAR POHON PISANG DAN BUAHNYA


Apakah anda penikmat buah yang satu ini? Rasanya manis dan legit di mulut dan bikin kenyang, manfaat dan kandungan dalam buahnya melimpah. Tentunya banyak olahan yang di buat dari buah satu ini. Bolu, sale, pisang goreng dan banyak lagi.
Dan tahukah anda beberapa mitos tentang pohon pisan?

Nah ini dia mitos tentang pisang:

Jangan makan pisang yang berdempet.

Tahukah anda? Bagi ibu-ibu atau perempuan, makan pisang yang dempet ini merupakan pantangan yang sangat di larang. Masyarakat percaya bahwa makan pisang dempet akan menjadikan kita sial dikemudian hari, konon katanya yang memakan pisang dempet, maka akan melahirkan keturunan yang berdempetan.

Jangan makan pisang bagian pinggir

Nah lo?? Maksudnya gimana ya? Padahal bagian tengah atau pinggirnya sama-sama pisang. Tapi katanya makan pisang bagian pinggir kita akan mengalami nasib sial, kita akan di sisihkan dari keluarga kita sendiri, atau tepatnya kasih sayang yang kita terima dengan saudara kita berbeda, kita akan mengalami nasib naas gak di anggap. Uhhhh... sedih ya

Jangan injak-injak / pukul –pukul gedebog pisang

Jaman dahulu gedebog pisang di pakai untuk sandaran/alasan bagi orangnya yang meninggal. Untu memandikan jenazah gedebog pisang ini sangat bermanfaat sebagai alas. Konon bekas gedebog ini gak boleh di banting, di injak atau dipukul. Karena rasa sakitnya akan kena ke mayat yang tadi di mandiin


Nah percaya atau tidak, kembali ke anda!

thumbnail

MITOS CEKER AYAM - DAN FAKTA TENTANG CEKER AYAM


Hmmmm..... siapa yang suka ceker ayam? Sekarang aneka olahan ceker banyak banget yang menggoda selera, rasanya enak apalagi kalo super pedas. Tapi sayang banget bagi sebagian orang ceker itu mungkin menjijikan, hmmm tapi kalo kita pandai mengolahnya itu enak banget.
Dan tahukah anda? Ada mitos seputar ceker juga yang masih di percaya hingga kini.
Konon apabila kita suka banget ama ceker, maka dapat di pastikan tulisan tangan kita akan jelek bagaikan ceker ayam, tak terbaca dan uh bikin kelimpungan yang baca. Bener gak sih?
Gak juga, tulisan kita jelek bukan karena kita suka makan ceker, banyak yang suka makan ceker ayam tulisannya bagus banget.

Nah tau gak sih manfaat dari ceker? Nyatanya ceker ayam banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Manfaat Ceker Bagi kesehatan
Ceker Ayam Kaya Kolagen
Memelihara Sendi dan Mengurangi Resiko Tulang Rapuh
Baik untuk mencegah kerapuhan tulang
Menyembuhkan Cedera
Baik untuk menyembuhkan cedera
Menyehatkan Saluran Pencernaan
Menjaga Kesehatan Kuku
Baik untuk menjaga kesehatan kuku
Menyehatkan Gusi
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Membentuk Probiotik Alami
Menyeimbangkan Hormon Tubuh
Mencegah Kerusakan Jaringan Tubuh


thumbnail

PESAWAT SEDERHANA - MATERI FISIKA ( IPA ) SMP KELAS VIII

Alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia dikenal dengan pesawat sederhana. Dengan menggunakan pesawat sederhana, oramg dapat melakukan pekerjaan lebih baik, lebih cepat dan lebih murah. Dalam kehidupan sehari – hari orang menggunakan pesawat sederhana untuk tujuan – tujuan berikut:
Mengubah energi
Memindahkan energi
Memperbesar kecepatan
Mengubah arah

Ada beberapa jenis pesawat sederhana adalah;

Pengungkit tuas
Tuas digunaka untuk memngungkit beban. Dengan adanya tuas, benda yang berat dapat dipindahkam dengan gaya yang kecil. Konsep tuas dapat dilihat memlalyi gambar berikut:


Berdasarkan gambar , tuas akan mengalami keseimbangan ketika memenuhi persamaan berikut:
                                                           
                  
                                                                                   
Keterangan :
W = beban ( N )
F = kuasa ( N )
Lb = ( lengan beban atau jarak beban ke penumpu ( m )
Lk = lenan kuasa atau jarak kuasa ke penumpu ( m)


Keuntungan mekanis dari tuas dituliskan dalam persamaan berikut:

Tuas dibedakan menjadi tiga macam. Tiga macam tuas sebagai berikut;

Tuas jenis pertama


Tuas jenis pertama adalah tuas dengan susunan titik tumpu di antara titik beban dan titik kuasa. Contuh tuas jenis pertama yaitu gunting, jungkat jungkit dan tang
Tuas jenis ke dua

Adalah tuas dengan susunan titik beban di antara titik kuasa dan titik tumpu. Contoh tuas jenis kedua yaitu gerobak dorong dan pembuka tang
Tuas jenis ketiga

Adalah tuas dengan susunan titik kuasa diantara titik beban dan titik tumpu. Contoh tuas jenis ketiga yaitu alat pemancing ikan.

Bidang Miring
Bidang mring merupakan salah satu pesawat sederhana yang digunakan untk mempermudah usaha, tetapi tidak mengurangi usaha yang dilakukan.

Persamaan dari bidang miring sebagai berikut:


Keterangan :
w = berat beban (N)
F = gaya dorong ( N )
l = panjang papan bidang miring ( m)
h = ketinggian bidang miring ( m)

bidang miring sering diguanakan dalam kehidupan sehari – hari. Penggunaan bidang miring dalam kehidupan sehari –hari seperti berikut :
membantu memindahkan benda ke dalam truk
tangga selalu di pasang miring
jalan di daerah pegunungan dibuaat berkelok kelok

Katrol
katrol adalah salah satu pesawat sederhana untuk memudahkan pekerjaan manusia mengangkat benda ke atas atau vertikal. Katrol juga berfungsi mengubah gaya angkat ke atas menjadi gaya tarik ke bawah sehingga penarikan benda lebih mudah. Ada tiga jenis pemasangan katrol dalam kehidupan, antara lain:
Katrol Tetap

KM = W/F = 1

Katrol Bebas

KM = W/F = 2

Katrol Majemuk

KM = W/F =x


thumbnail

TEKANAN GAS DALAM RUANG TERTUTUP - MATERI FISIKA

Hukum Boyle
Hukum Boyle berkaitan dengan tekanan gas dalam ruang tertutup. Hukum Boyle menyatakan perkalian antara tekanan ( p ) dan volume gas ( V) dalam ruang tertutup bernilai konstan selama tidak mengalami perubahan suhu. Hukum Boyle jika dituliskan dalam persamaan matematis seperti berikut
                   
                                        

Keterangan :
V1 = volume awal ( m3)
 1 = tekanan gas mula – mula ( Pascal)
 2 = tekanan akhir ( pascal)
V2 = volume akhir ( m3)
Alat – alat pengukur tekanan gas
Alat ukur tekanan dalam ruang tertutup dinamakan manometer. Ada beberapa manometer yang digunakan antara lain manometer raksa terbuka, manometer raksa tertutup, dan manometer logam. Adapun penjelasan tentang manometer seperti berikut:
Manometer raksa terbuka
Manometer raksa terbuka bekerja berdasarkan prinsip hukum utama hidrostatis.
Manometer raksa tertutup
Manometer raksa tertutup bekerja berdasarkan hukum Boyle dan hukum utama hidrostatis



.comment-content a {display: none;}