thumbnail

BELAJAR BIJAK DAN MEMAHAMI RASA


Katakan padaku? Kenapa di balik tawa ada duka?
Katakan padaku kenapa dalam diam selalu tersimpan harapan?
Dan katakan padaku... kenapa sesuatu yg indah itu selalu menyakitkan?
Rasa... tentang hati,tentang jiwa dan pikiran
Keyakinan tentang perbuatan, tentang keteguhan dan pertarungan antara hati dan nurani
Kau tahu? Yg kau lihat bukanlah jiwa yg bebas. Yang sebebas hati mengikuti ego dan nafsunya
Namun kau lihat...jiwa yg tegar yang menyimpan banyak rahasia dalam dukanya.
Kau tau? Kenapa dia tertawa? Karena dia menutupi lukanya dengan tawa brusaha u/ tetap tegar
Kau tahu knapa dia diam? Yg kau lihat mungkin hanya diam, tapi hatinya tetap hidup dengan harapan - harapan besar yg membuatnya kuat
Dan kau tau? Untuk meraih kebahagian yg terlihat indah itu tak mudah...banyak hal yg harus kamu korbankan dan kamu perjuangkan u/ meraih itu semua. Tak ada yang kau dapat dengan mudahnya...kau harus berusaha u/ meraihnya meski itu sakit sekalipun karena semua akan terbayar dengan indah
Jadi lihatlah dengan hati dan nurani. 
Apa yg terlihat sekilas..kau tak berhak u/ mengatakan sekedarnya saja. Apalagi jika itu buruk dan kau belum tentu benar...

Belajarlah dari apa yg kau rasa, apa yg kau lihat dan apa yg kau dengar
Kaji dan fahami dengan baik dan bijak

thumbnail

SELLU ADA HARAPAN UNTUK ESOK LEBIH BAIK


Dunia tak semanis yang kau lihat tapi tak sepahit apa yg kau bayangkan. Apa kau lihat langit berwarna biru? Apa kau yakin ia berwarna biru.. tapi knapa ketika senja datang kau bilang langit tak lagi biru. Kau katakan bahwa malam jauh lebih pekat dalam kegelapan.
Kau yakin kau merasa gelap? Coba lihat...lagi dan lagi. Tidak kah kau lihat sinar terang?
Malam pekat memeluk bumi dalam keheningan...meski sepi namun dia hadiahkan bintang berdampingan dalam kegelapan.
Kini kau tak lihat lagi kegelapan
Ada sinarnya...yg membuatmu trsenyum..
Yg kau lihat...yg kau rasa selalu berbeda dalam sudut pandang siapapun. Percayalah dg apa yg kau rasa dan kau lihat...selagi apa yg kau rasa dan lihat itu benar.
Kau tahu???tak ada sesuatu yg pasti...karena setiap fase dalam hdupmu selalu mengajarkanmu menjadi lbih baik lagi. Meski tak lagi sama...meski trlihat berbeda...namun slalu nampak lebih indah
Hari ini meski nampak buruk tapi esok bisa saja lebih baik.
Yang pasti adalah...yakinkan bahwa apapun yg tlah dilewati harus menjadikan diri lebih baik lagi. Apapun kondisinya meski berbeda tak lagi sama

thumbnail

RESEP DAN CARA MEMBUAT KWETIAW YANG ENAK DAN GURIH

Suka kwetiaw? Yap aku juga suka kwetiaw yang di jual di pinggir jalan, rasanya enak dan hmmmm.... mantep banget.
Tapi yu kita belajar membuat kwetiaw yang enak dan mantap!


Bahan-bahan:
½ bungkus kwetiaw
1 butir telur
Kol diiris tipis secukupnya
4 siung bawang merah
Kecap secukupnya
Garam
Penyedap
Minyak goreng
Dan air putih
Cara membuat:
Iris bawang merah dan tumis hingga harum, masukan telur lalu tumis hingga harum tambahkan bunga kol yang sudah di iris tipi. Tumis hingga harum dan layu masukan kwetiaw dan setengah gelas air putih, masukan kecap, garam dan penyedap masak hingga air dalam wajan habis.

Kini kwetiaw siap di santap! (boleh juga di tambah sayuran yang lain atau suir ayam hmmm sosis juga bisa)

thumbnail

BATU MAHPAR DI KABUPATEN TASIKMALAYA

Pernah wisata alam ke batu mahpar Kabupaten Tasikmalaya?
Wah asli tempatnya keren banget, gak sengaja lagi liat medsos, tiba- tiba lihat anak-anakku posting poto liburan ke batu mahpar keliatannya keren banget, mata langsung ijo pengen banget pergi ke sana, hmmmm...penasaran yu kita lihat...sama-sama liburan anak-anakku ke batu mahpar ( batu terhampar).






Liatnya, duh ngiler ya pengen ke sana, nih poto maen ambil aja di medsos, biar aku ada temennya juga ngiler sama-sama pengen ke sana :)
Dimana sih batu mahpar itu?
Ternyata batu mahpar terletek di Sariwangi salah satu kecamatan yang terdapat di bagian barat kabupaten Tasikmalaya, disini terdapat beberapa spot tempat yang keren yang layak untuk di kunjungi bagi para petualang, setelah sebelumnya terdapat Curug Cimedang yang ada di kampung Malaganti, ternyata ada satu lagi tempat yang unik, asik dan eksotis di kecamatan Sariwangi ini yaitu “Batu Mahpar”.

Batu Mahpar merupakan sebuah sungai yang dasarnya adalah batu yang sangat lebar sepanjang sungai sampai sisi yang merupakan bekas aliran lava yang mengeras menjadi batu. Sungai ini merupakan sungai kering yang hanya teraliri air njika musim penghujan saja dan di beberapa titik terdapat genangan air. awal dari sungai ini berukuran kecil hanya memiliki lebar 5-7 meter di hulu kemudian di sambung dengan lebar sungai menjadi 10 meter dan memiliki panjang sekitar 400 meter untuk selanjutnya menuju jurang yang dalam sekali yang memilik kedalaman sekitar 80-90 meter.

Lokasi Batu Mahpar ini berada di kampung Benjan desa Sukamulih kecamatan Sariwangi. Rute menuju ke lokasi ini hampir sama dengan rute menuju Curug Cimedang, jika menuju curug Cimedang lurus ke arah barat, dari kampung Malaganti  ke Batu Mahpar ini belok kanan melalui jalan L. Mashudi sekitar 1,6 km cenderung ke arah kanan dengan kondisi jalan yang lumayan berbatu.

Di ujung sungai Batu Mahpar sendiri tepatnya di bawah jurang terdapat sebuah saung tempat beristirahat yang entah di sengaja atau tidak, keberadaan saung tersebut justru menjadi icon tersendiri dari Batu mahpar ini.


thumbnail

BASO GEJROT TASIKMALAYA - BASO LAGI BOOMING PALING HITZZZ DI TASIK

hai bakso lovers....bakso mana yang belum anda coba? Anda tinggal di Tasikmalaya? Wah jangan salah wisata kuliner Tasik semakin berkembang lo!
Aku udah coba Bakso kerikil mas Tono, Baso Gejrot Rince.
Apa si yang unik dari baso mas Tono? Baso nya yang banyak bikin kenyang dan enak
Kalo baso gejrot rince? Meski baso aci tapi enak banget
Bakso gejrot Rince dan baso mas Tono letaknya dekat UPI Tasikamalaya.

Nah sekarang yang lagi booming di Tasikamalya adalah Baso Gejrot, ada 4 cabang.
Pertama di belakang mayasari plaza
Di dekat Universitas Siliwangi
Di jl. R A A Wirata Nuningrat.





Menunya bervarian:
Baso medium harga Rp. 11.000
Baso gejrot harga Rp 15.000 “ ini yang ngegejrotnya lemak/minyak di baso yang ukuran kecil”
Baso istigpar saking gedenya namanya istigpar harganya Rp. 28.000
Dan ½ istigpar , setengah dari harga baso istigpar.

Nah gimana penasaran kan? Hmmmm...enak coba deh J

thumbnail

BUNDA JANGAN PANIK SAAT DEDE BAYI STEP - SOLUSI ATASI ANAK SAAT STEP ( KEJANG - KEJANG )

Tepat pukul 4 pagi hari, tetangga saya panggil ibunya sambil menagis dan lari – lari karena anaknya kejang. Saya kaget karena memang takut ada apa-apa, saya langsung lari aja ke rumah tetangga saya itu.
Sementara ayah si bayi  panggil ibunya, maka si bunda hanya bertiga dengan keponakannya sedang menangis sambil menggendong anaknya yang sedang step ( kejang –kejang ), seketika sayapun langsung ingat keponakan saya dulu pernah step.
Maka saya langsung menyuruh bunda dede bayi melepas semua baju yang menempel pada bayi itu, dan meletakan dede bayi di lantai. Buru –buru ambil air anget kuku, saya langsung mengompres ke bagian perut dan keningnya, sementara saya pijit kakinya yang terbungkus kaos kaki. Ibunya hanya bisa menangis dan terus menyebut nama saya “ teteh... si dede” terus di ulang-ulang tiada henti. Saya juga asli panik, liat waja si bayi begitu pucat pasi seketika saya merasa takut si bayi kenapa-napa, tapi bismillah saya terus memijat kakinya dengan lembut. Alhamdulillah bola matanya mulai bergerak, si dede bayi mulai kentut,menangis dan sadar. Yang tadinya menatap kosong dan berwajah pucat/ alhamdulillah semua baik – baik saja. Tanpa sadar banyak sekali tetangga yang melihat kejadian ini. Namanya bangun tidur panik, hanya itu yang bisa saya lakukan berdasarkan pengalaman saya sendiri saat melihat kakak saya melakukan hal yang sama terhadap keponakan saya yang step.
Bunda memang panik adalah hal yang wjar, apalagi lihat si buah hati tak berdaya seperti itu. Tapi bagaimana kalo bunda rumahnya jauh dari tetangga?
Hal yang harus bunda perhatikan saat buah hati sedang demam adalah
1.      Jangan gunakan pakaian yang terlalu tebal pada si bayi
2.      Bungkus kakinya dengan kaos kaki dan celana panjang
3.      Gunakan pakaian yang tipis untuk bagian atasnya
Dan ingat jangan di kompres pake air dingin , itu pesan suster di rumah sakit saat ponakan saya demam, tapi gunakan air anget kuku.
Jadi jika si bayi “amit2” step, maka yang harus anda lakukan adalah...
1.      Buka semua baju si anak
2.      Kompres bagian perut dan keningnya
3.      Kaos kaki di kakinya jangan lepas, tapi pijatlah dengan lembut agar panasnya turun ke bagian bawah tubuhnya
Dalam beberapa detik / menit si bayi akan kembali dalam keadaan normal
Jangan biarkan si dede bayi kejang / step lagi ya bun! Itu dapat merusak sel saraf di otaknya tiap kali step, usahakan si dede bayi makan asupan yang bergizi, jangan sampai bunda yang sedang menyusui makan makanan yang jorok ya kaya pedes dan yang aneh-aneh lainnya. Ingat kesehatan dede bayi adalah hal yang paling berharga

Jangan panik!!! Dede bayi pasti sembuh.....

thumbnail

KUMPULAN LATIHAN SOAL UJIAN NASIONAL DAN PEMBASAHAN IPA UNTUK SMP / MTS - BAG 2

1.             Campuran air dengan tanah di sebut....
a.              Larutan
b.             Campuran
c.              Suspensi ( UN 1990 )
d.             Emulsi

2.             Unsur flour dibutuhkan untuk...
a.              Pembentukan sel darah merah
b.             Pembentukan enzim pencerna
c.              Mencegah kerusakan gigi ( UN 1992 )
d.             Mencegah radang tenggorokan

3.             Karbohidrat terutama dibentuk oleh unsur-unsur....
a.              Oksigen, fosfor, besi
b.             Oksigen, nitrogen, kalium
c.              Oksigen, hidrogen, kalium
d.             Oksigen, karbon, hidrogen ( UN 1992 )

4.             Nama senyawa dengan rumus kimia PO adalah....
a.              Posfor pentaoksida
b.             Diposfor pentaoksida
c.              Posfor monoksida ( UN 2007 )
d.             Posfor oksigen

5.             Contoh campuran zat cair dengan zat cair adalah....
a.              Air gula
b.             Debu
c.              Kabut
d.             Alkohol ( UN 2008 )

6.             Mineral iodium berfungsi untuk....
a.             Mencegah pembengkakan pada kelenjar gondok ( UN 1995 )
b.             Mencegah terjadinya gangguan syaraf
c.              Menghambat kerusakan pada kulit
d.             Mencegah penyakit hati

7.             Perhatikan gambar berikut !











Gambar tersebut merupakan....
a.              Ion hidrogen
b.             Atom hidrogen ( UN 2014 )
c.              Molekul hidrogen
d.             Ion helium

8.             Data hasil percobaan memperlihatkan terjadinya:
1.             Penguapan saat air dididihkan
2.             Pemuaian pada saat besi dipanaskan
3.             Pembusukan makanan
4.             Reaksi antar asam dan basa
Berdasarkan data, yang termasuk perubahan fisika adalah pasangan nomor....
a.              1 dan 2 ( UN 2010 )
b.             1 dan 3
c.              2 dan 4
d.             3 dan 4

9.             Data hasil percobaan:
1.             Kayu bakar menjadi arang
2.             Sayur menjadi basi
3.             Air laut menjadi garam
4.             Besi berkarat
Perubahan kimia ditunjukkan oleh kelompok nomor....
a.              1, 2 dan 3
b.             1, 2 dan 4 ( UN 2011 )
c.              1, 3 dan 4
d.             2, 3 dan 4

10.         Perhatikan data berikut!
LARUTAN
WARNA KERTAS LAKMUS
SEBELUM
SESUDAH
1
merah
Merah
2
merah
Biru
3
biru
Biru
4
biru
Merah
Larutan yang bersifat asam ditunjukkan oleh pasangan nomor....
a.              1 dan 2
b.             1 dan 4 ( UN 2013 )
c.              2 dan 3
d.             3 dan 4

11.         Di antara gas berikut yang menyebabkan karat pada kaleng adalah...
a.              Hidrogen
b.             Oksigen ( UN 2000 )
c.              Nitrogen
d.             Helium

12.         Penderita diabetes dapat mengonsumsi sirup yang mengandung pemanis buatan, yaitu...
a.              Monosodium glutamate
b.             Taryazin
c.              Aspartam ( UN 2012 )
d.             Natrium benzoat

13.         Bahan – bahan berikut tergolong pewarna alam, kecuali...
a.              Kunyit
b.             Tartazine ( UN 2007 )
c.              Karamel
d.             Daun suji

14.         Dampak negatif zat psikotropika seperti sabu – sabu pada penggunaannya secara berlebih ( overdosis ) adalah...
a.              Tekanan darah menurun
b.             Menjadi hiperaktif ( UN 2010 )
c.              Suhu tubuh rendah
d.             Kerja jantung mejadi teratur

15.         Dampak fisiologis yang ditimbulkan oleh narkoba terhadap penggunaannya adalah...
a.              Tingkat emosi yang sangat labil
b.             Perubahan perilaku yang negatif ( UN 2011 )
c.              Menurunnya fungsi sistem kerja tubuh
d.             Kecemasan berlebihan

.comment-content a {display: none;}