Home » , , » GEJALA DAN PENYEBAB PENYAKIT MANINGITIS DAN PENCEGAHANNYA

GEJALA DAN PENYEBAB PENYAKIT MANINGITIS DAN PENCEGAHANNYA

Meningitis adalah radang pada membran pelindung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang, yang secara kesatuan disebut meningen. Radang dapat disebabkan oleh infeksi oleh virus, bakteri, atau juga mikroorganisme lain, dan walaupun jarang dapat disebabkan oleh obat tertentu. Meningitis dapat menyebabkan kematian karena radang yang terjadi di otak dan sumsum tulang belakang; sehingga kondisi ini diklasifikasikan sebagai kedaruratan medis.



Gejala umum dari meningitis adalah 
sakit kepala dan leher kaku disertai oleh demam, 
kebingungan atau perubahan kesadaran,
muntah,
dan kepekaan terhadap cahaya (fotofobia) atau suara keras (fonofobia).
Anak-anak biasanya hanya menunjukkan gejala nonspesifik, seperti lekas marah dan mengantuk. Adanya ruam merah dapat memberikan petunjuk penyebab dari meningitis; contohnya, meningitis yang disebabkan oleh bakteri meningokokus dapat ditunjukkan oleh adanya ruam merah.

Bakteri yang dapat mengakibatkan meningitis antara lain Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, dan Mycobacterium tuberculosis. Jika dibiarkan, penyakit ini dapat menimbulkan kerusakan otak, kehilangan pendengaran, berkurangnya kemampuan belajar, dan kematian.

Cara Mencegah Meningitis
Menjaga Kebersiahan. Penyakit meningitis dapat dicegah dengan cara meningkatkan kebersihan. Yang paling penting adalah teknik mencuci tangan yang tepat. Cucitangan dengan sabun dan air hangat. Gosok tangan dalam kurun waktu10-20 detik, pastikan membersihkan tepat dibawah kuku. Bersihkan dengan air hangat yang mengalir. Kemudian keringkan tangan menggunakan handuk.
Menutup hidung saat bersin atau batuk.
Hindari berbagi gelas, cangkir, botol air yang digunakan pada waktu olahraga atau rekreasi, rokok dll.
Mencuci tangan yang benar sangat diperlukan untuk menghilangkan kontaminasi tinja setelah BAB, mengganti popok dan sebagainya.
Gunakanlah anti biotik saat bersama dengan orang orang yang terjangkit virus. Hal ini digunakan untuk mencegah mudahnya vius radang selaput otak menyebar.



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}