Home » , » RESEP SPESIAL MAKANAN KHAS JEPANG - TEMPURA

RESEP SPESIAL MAKANAN KHAS JEPANG - TEMPURA

Bagi anda pencinta kuliner khas Jepang, pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama makanan yang sudah mendunia ini ya, apalagi kalau bukan tempura. Nah bagi anda yang ingin mencoba di rumah. Ini dia resep special tempura makanan khas Jepang.


Bahan:
8 udang mentah (200 gram)
1 ubi jalar (300 gram)
4 jamur shiitake (80 gram)
2 terong (160 gram)
Tempura powder secukupnya
Minyak secukupnya
1 kuning telur
Air dingin 200 mililiter
Tepung terigu secukupnya
1/8 labu (100 gram)


Cara pembuatan:
Potong ujung ekor udang yang telah dikupas kulitnya. Kemudian potong bagian belakang udang untuk menghilangkan kotoran atau pembuluh darah. Buat 4-5 irisan di bagian sisi udang agar tidak melengkung saat digoreng. Tekan udang dengan menggunakan jari-jari Anda.
Iris ubi jalar dengan tebal 1 sentimeter dengan tetap mempertahankan bagian kulit. Potong beberapa bagian dari jamur shiitake agar masak dengan lebih baik saat digoreng. 

Potong terong menjadi empat bagian dan buat sayatan sehingga bisa matang lebih baik. Kemudian potong labu menjadi irisan tipis.
Masukkan air dingin ke dalam wadah. Tambahkan satu kuning telur dan kocok hingga rata. Masukkan tempura powder yang telah disaring ke dalam adonan. Aduk cepat. Lumuri udang dengan terigu agar adonan melekat lebih baik.
Panaskan wajah dengan minyak hingga suhu 160-170 derajat celsius. Saat suhu minyak mencapai 160 derajat celsius, biasanya makanan akan turun ke bagian bawah wajan dan langsung naik ke permukaan lagi. Mulailah dengan memasukkan sayuran yang telah dilumuri adonan. Goreng hingga gelembung minyak menjadi kecil dan suara desis dari minyak tak terlalu terdengar.
Goreng udang yang telah dicelupkan ke dalam adonan dengan minyak bersuhu 180 derajat celsius. Saat suhu minyak sudah mencapai 180 derajat celsius, biasanya makanan yang dimasukkan akan langsung muncul ke permukaan.  Udang sebaiknya tidak terlalu digoreng hingga matang.
Nah selamat mencoba dan selamat menikmati!



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}