Home » , , , » KLASIFIKASI ILMIAH BUNGA BOUGENVILLE - SERTA MANFAAT DAN KHASIATNYA BAGI KESEHATAN

KLASIFIKASI ILMIAH BUNGA BOUGENVILLE - SERTA MANFAAT DAN KHASIATNYA BAGI KESEHATAN

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan : plantae
Divis : magnoliphyta
Kelas : magnoliopsida
Ordo : caryophyllales
Family : nyctaginaceae
Genus : bougainvillea
Sepsesies : bougainvillea buttiana, bougainvillea glbra, bougainvillae peruviana, bougainvillea spectabillis, bougainvillea spinosa.


Bugenvil merupakan tanaman hias populer. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian bunga, walaupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung oleh seludang.
Tanaman bunga kertas atau bougainvillea ini mempunyai bagian tanaman yang berwarna-warni. Oleh karena itu, tanaman bougainvillea menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya dan cara merawatnya yang mudah.
Berasal dari Amerika Selatan, pada waktu tanaman ini berbunga, tanaman ini mempunyai kebiasaan merontokkan beberapa daunnya. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. (Seludang bunga ( atau spatha) merupakan daun pelindung, yang seringkali berukuran besar, yang menyelubungi seluruh bunga majemuk waktu belum mekar. Seludang bunga dapat dijumpai pada struktur generatif ("bunga") tumbuhan anggota suku aren-arenan (Arecaceae dan suku talas-talasan (Araceae). Seludang bunga sebenarnya merupakan suatu bentuk khusus dari daun pelindung (bractea)).
Tak hanya cantik, bunga ini juga dapat digunakan sebagai hiasan rambut. Keaneka ragaman warnanya membuat halaman rumah menjadi hidup. Bunga yang satu ini memang menjadi primadona bunga / tanaman hias. Namun anda jangan salah, tak hanya sebagai tanaman hias saja yang menjadi andalannya. Bunga bugenvil ini juga berkhasiat untuk penyembuhan beberapa penyakit.
Dan tahukan anda untuk penyembuhan apa saja?
Ini dia manfaat dan khasiat bunga bugenvil.
 Mengobati Bisul
 Cuci bersih bunga bugenvil dan daun cocor bebek (Kalanchoe pillnata {Lam.}Pers.) secukupnya. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus lalu tempelkan pada bisul. Lakukan secara rutin sampai bisul peed’. Ramuan ini hanya digunakan sebagai obat luar.

Menghilangkan Biang keringat dan gatal-gatal (pruritis)
 Cuci bersih bunga bugenvil, daun sirih (Piper betle L.), dan daun lidah buaya (Aloe uera) yang sudah dikupas, masing-masing secukupnya. Rebus semua bahan tersebut sampai mengental lalu dinginkan. Oleskan cairan kental (gel) ini pada biang keringat dan bagian yang gatal. Lakukan secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan sampai biang keringat serta gatal-gatal hilang. Ramuan ini hanya digunakan sebagai obat luar.

Mengobati  Hepatitis
 Cuci 15 g batang bugenvil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum saat hangat sebanyak 1 gelas sehari.

Melancarkan Haid tidak teratur
 Cuci bersih 9-15 g bunga bugenvil dan 15 g umbi rumput teki (Cyperus rotundus L.) sampai bersih. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 1 gelas sehari.

Mengobati  Keputihan (leucorrhea) dan nyeri haid (dysmenorrhea)
 Cuci bersih 9-15 g bunga bugenvil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Mengatasi sakit waktu haid dan darah haid menggumpal
 Cuci bersih 15 g bunga bugenvil, 15 g bunga mawar, dan 70 g daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya. Rebus ketiga bahan dengan 2 gelas air sampai 1 gelas lalu saring. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.


Nah bagaimana? Tak hanya cantik namun juga bermanfaat. Yu tanam bugenvil di halaman rumah, sebagai tanaman hias dan juga obat herbal.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}