Home » , » PERCOBAAN (PRAKTIKUM) FISIKA RANGKAIN LISTRIK PARALLEL

PERCOBAAN (PRAKTIKUM) FISIKA RANGKAIN LISTRIK PARALLEL

Pada rangkaian hambatan yang disusun secara parallel , tegangan (beda potensial) pada tiap-tiap hambatan sama besar yaitu sama dengan tegangan pada hambatan penggantinya.

Berikut percobaan(praktikum) rangkaian listrik parallel:
Alat dan bahan:
2 buah lampu 2.5 volt beserta dudukannya
2 buah baterai 1.5 volt beserta dudukannya
6 buah kabel
Gunting

Langkah-langkah
Gunting tiap-tiap ujung kabel, ujung kabel 1 di lilitkan ke dudukan lampu 1 sebelah kiri, kemudian kabel 2 di lilitkan ke ujung lampu sebelah kanan. Ujung kabel 1 dililitkan ke salah satu bagian sisi saklar, dan kabel 3 di lilitkan di samping sakelar berikutnya. kemudian tengah-tengan kabel 3 1 dan 2 di sobek bagian tengahnya. Ujung 2 di sobek bagian tengah kemudian dililitkan kabel no. 4 dan salah satu ujung nya di lilitkan ke dudukan lampu  2 sebelah kanan , kemudia kabel 5 di lilitkan ke lampu 2 sebelah kiri. Kabel lima bagian kiri kemudian di lilitkan di bagian tengah kabel no.3 . masih di kabel no. 3 bagian paling ujung bawah kemudian di lilitkan sakelar bagian kiri. Dan kabel 6 di lilitkan di sakelar bagian kanan, masih di kabel ujung no. 2 kemudian di lilitkan di dudukan baterai yang telah di isi dua buah baterai di kutub (+)/(-) dan kabel 6 juga di lilitkan di ujung dudukan baterai kutub (+)/(-).










Catatan : di sobek bagian tengah adalah bagian plastiknya saja, sehingga terilah serabut listrik , di sobek bukan berarti di potong/ digunting.
Sakelar 1 berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan lampu 1, begitu pula sakelar 2 berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan lampu 2.
Jika salah satu lampu di matikan maka lampu yang lain masih menyala.



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}