Home » » BATU MAHPAR DI KABUPATEN TASIKMALAYA

BATU MAHPAR DI KABUPATEN TASIKMALAYA

Pernah wisata alam ke batu mahpar Kabupaten Tasikmalaya?
Wah asli tempatnya keren banget, gak sengaja lagi liat medsos, tiba- tiba lihat anak-anakku posting poto liburan ke batu mahpar keliatannya keren banget, mata langsung ijo pengen banget pergi ke sana, hmmmm...penasaran yu kita lihat...sama-sama liburan anak-anakku ke batu mahpar ( batu terhampar).






Liatnya, duh ngiler ya pengen ke sana, nih poto maen ambil aja di medsos, biar aku ada temennya juga ngiler sama-sama pengen ke sana :)
Dimana sih batu mahpar itu?
Ternyata batu mahpar terletek di Sariwangi salah satu kecamatan yang terdapat di bagian barat kabupaten Tasikmalaya, disini terdapat beberapa spot tempat yang keren yang layak untuk di kunjungi bagi para petualang, setelah sebelumnya terdapat Curug Cimedang yang ada di kampung Malaganti, ternyata ada satu lagi tempat yang unik, asik dan eksotis di kecamatan Sariwangi ini yaitu “Batu Mahpar”.

Batu Mahpar merupakan sebuah sungai yang dasarnya adalah batu yang sangat lebar sepanjang sungai sampai sisi yang merupakan bekas aliran lava yang mengeras menjadi batu. Sungai ini merupakan sungai kering yang hanya teraliri air njika musim penghujan saja dan di beberapa titik terdapat genangan air. awal dari sungai ini berukuran kecil hanya memiliki lebar 5-7 meter di hulu kemudian di sambung dengan lebar sungai menjadi 10 meter dan memiliki panjang sekitar 400 meter untuk selanjutnya menuju jurang yang dalam sekali yang memilik kedalaman sekitar 80-90 meter.

Lokasi Batu Mahpar ini berada di kampung Benjan desa Sukamulih kecamatan Sariwangi. Rute menuju ke lokasi ini hampir sama dengan rute menuju Curug Cimedang, jika menuju curug Cimedang lurus ke arah barat, dari kampung Malaganti  ke Batu Mahpar ini belok kanan melalui jalan L. Mashudi sekitar 1,6 km cenderung ke arah kanan dengan kondisi jalan yang lumayan berbatu.

Di ujung sungai Batu Mahpar sendiri tepatnya di bawah jurang terdapat sebuah saung tempat beristirahat yang entah di sengaja atau tidak, keberadaan saung tersebut justru menjadi icon tersendiri dari Batu mahpar ini.



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}