Home » » HUKUM BEJANA BERHUBUNGAN - MATERI IPA ( FISIKA ) KELAS VIII

HUKUM BEJANA BERHUBUNGAN - MATERI IPA ( FISIKA ) KELAS VIII

HUKUM BEJANA BERHUBUNGAN
Hukum bejana berhubungan menyatakan jika bejana-bejana berhubungan diisi dengan zat cair sejenis dan dalam keadaan diam menyebabkan permukaan zat cair terletak pada satu bidang datar. Prinsip bejana berhubungan banyak digunakkan dalam kehidupan sehari – hari seperti teko, tangki, tandon air dan waterpas.
Hukum bejana berhubungan tidak berlaku jika bejana berhubungan diisi zat cair yang berlainan jenis seperti air dan oli. Selain itu, hukum bejana berhubungan tidak berlaku jika bejana berhubungan berpipa kapiler

PIPA U
Pipa U adalah sebuah pipa gelas yang membetuk huruf U. Apabila pipa U diisi dua jenis zat cair yang berbeda, semisal air dan minyak maka tinggi permukaan pada kedua pipa akan berbeda. Perhatikan gambar berikut:

Berdasarkan gambardi atas dana menerapkan persamaan tekanan hidrostatis diperoleh persamaan berikut:


Keterangan;
 A = massa jenis zat cair A
 B = massa jenis zat cair B
hA = ketinggian zat cair A
hB = ketinggian zat cair B
melalui persamaan di atas menunjukan bahwa pipa U yang diisi zat cair yang berbeda dapat digunakan untuk mengetahui nilai salah satu jenis zat cair.

PIPA KAPILER
Sebuah bejana yang berhubungan yang memiliki pipa kapiler diisi zat cair seeprti air akan membasahi dinding pipa kapiler. Tinggi permukaan zat cair pada pipa kapiler lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan zat cair pada pipa lainnya. Sementara itu, apabila bejana berhubungan yang memiliki pipa kapiler diisi dengan ai raksa, prmukaan zat cair lebih rendah dibandingkan permukaan zat cair pipa lainnya. Perhatikan gambar berikut:


Gejala naik turunnya zat cair pada pipa kapiler tersebut, dinamakan kapilaritas. Kapilaritas dalam kehidupan sehari – hari dapat dijumpai pada kejadian naiknya air tanah ke daun melalui akar dan batang., naiknya minyak melalui sumbu kompor, dan tembok basah ketika musim hujan.



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}