thumbnail

JAJANAN ES TRADISIONAL YANG MELEGENDA

Siapa yang tak suka dengan makanan yang satu ini? Enak, krimi dan nyegerin. Hmmm siapa lagi yang gak suka makan es krim? Kali ini saya ingin bernostalgia dengan beberapa jajanan es yang hampir gada jaman sekarang.
Jajanan es tempo dulu bener-bener ngangenin, yang ngalami jajanan kaya gini berarti kita termasuk anak jaman 90an hehehe. Kesannya tua banget ya? Tapi memang masa kejayaan nya es tradisional lagi berkembang dan di gandrungi. Saat ini keadaan tukang es keliling tradisional saat ini semakin berkurang karena maraknya es krim yang praktis dan lebih modern.
Es apa aja itu?

Es serut

Es yang satu ini, dulu di jual 500 perak. Es balok yang di serut dan di cetak bulat kemudian diberi warna sirup yang beraneka rasa

Es dung-dung

Es satu ini rasanya lebih creamy, ada rasa kelapa, strobery dan durian. Di jual keliling sambil memukul-mukul sebuah benda dan mengeluarkan bunyi dung-dung. 1 corong hanya 500 rupiah

Es goyang

Es goyang salah satu jajanan favorit, rasanya enak dan juga murah. Hmmmm bikinnya di goyang-goyang lalu di celup ke cokelat eummm rasanya enak dan murah dulu Cuma 500 rupiah

Es potong

Nah ada lagi es potong, aslinya tuh es panjang-panjang. Di potong sesuai ukuran, jaman dulu 1000 aga panjang, kalo 500 setengahnya. Rasanya gak kalah enak

Nah itu beberapa es tradisional yang melegenda hingga sekarang, rasanya pasti masih berasa sampe sekarang. Cuma penjual es tersebut kini semakin berkurang bahkan di katakan jarang atau tidak ada, dikarenakan menjamurnya penjual es krim modern, nah bagi anda anak 90an pasti dulu sering merasakan jajanan es lezat tersebut.


thumbnail

SATE MANG IWA - KULINER TASIK ( JAJANAN TASIK )

Ada yang suka dengan santapan yang satu ini? Khas Nusantara yang menjadi favorit Obama. Hmmm.... siapa yang tak suka sate? Makanan populer yang bikin lidah kita bergoyang!
Nah bagi anda yang anda tinggal di Kota Tasikmalaya, anda patut mencoba sate Mang Iwa yang enak banget, letaknya strategis di Laswi dekat makam pahlawan.
Soal harga murmer banget...
paket sate ayam bumbu kacang + nasi atau sate taican ( bumbu pedas ) + lontong hanya Rp. 12.000,00
paket sate sapi bumbu kacang+nasi atau sate sapi taican ( bumbu pedas) + lontong hanya Rp. 13.500,00
soal rasa juara mantap nya, soal tempat juga nyaman. Hmmmm enak banget pecah di mulut




Bumbu Kacang


Bumbu Taican

thumbnail

RESEP DAN CARA MUDAH MEMBUAT KAREDOK LEUNCA

Eummmmm.... siapa yang suka pedas? Siapapun sepertinya suka dengan rasa pedas yang sensasi, rasanya bikin semangat balik lagi. Nah kali ini saya akan memberikan resep makanan pedas kepada anda yang enak dan khas Sunda banget.


Bahan:
Leunca secukupnya
gula merah secukupnya
garam secukupnya
3 buah kencur
Cabe rawit banyaknya sesuai selera
1 siung bawang merah
1 sachet terasi udang
1 buah tomat

Cara membuat:
Ulek halus semua bumbu ( cabe, terasi, bawang merah, kencur dan tomat) masukan gula dan garam ulek lagi hingga merata, terahir masukan leunca ulek kasar.
Hidangan ini paling enak di santap dengan nasi tambah goreng tempe yang masih panas.

Hmmmm.... yummmmmmi. Selamat mencoba!

thumbnail

RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI KUNING GORENG PEDAS

suka makan nasi goreng?
Rasa manis? Atau asin? Kali ini saya akan membagikan resep yang sering mamah saya masak sewaktu saya masih kecil. Penasaran pengen nyoba buat keponakan saya dan teman –temannya yang baru pulang main, pasti anak-anak kelaperan donk. Daripada ngasih makanan yang enggak – engak mending masakin nasi goreng kuning, karena keponakan saya dan temannya suka pedas, maka kali ini saya membuat nasi goreng kuning pedas. Rasanya mantap, selain lebih sehat karena kandungan dalam rempahnya juga lebih enak dari nasi goreng biasanya.

Bahan:
3 piring nasi putih
3 siung bawang merah
2 buah kemiri
1 buah kuning
Cabe rawit secukupnya
1 butir telur
Ayam suir
Toping ( sayuran, sosis, apa aja sesuai selera)
Garam secukupnya

Cara membuat:
Haluskan bawang merah, kemiri, kuning dan cabe rawit lalu tumis hingga harum, masukan telur dan sayuran ( kol/wortel) lalu tumis dan aduk-aduk kemudian  masukan nasi, aduk hingga semua tercampur. Masukan suiran ayam dan garam. Aduk hingga merata.

Kini nasi goreng kuning pedas siap di santap!

thumbnail

RESEP DAN CARA MUDAH MEMBUAT CEKER GORENG YANG RENYAH DAN SAMBAL IJO SUPER PEDAS

Suka dengan ceker ayam? Di bumbu kecap? Pedas manis? Atau di seblak?
Bagi anda pencinta ceker ayam seperti saya, menikmati ceker ayam punya seni tersendiri, dimana kita memakan ceker ayam ini penuh dengan teknik dan cara yang unik. Makannya aja unik apalagi rasanya enak banget, meskipun bukan daging yang empuk yang kita santap, tapi ceker ayam ini lebih nikmati di banding daging ayam , menurut saya hehhe.
Nah ini adalah menu andalan yang saya bikin sendiri untuk menikmati ceker yang krispi super pedas. Namanya ceker goreng sambal ijo, biar aga lebay kita ganti namanya menjadi cekyur ronggeng sambal cocol.

Bahan ceker goreng:
¼ kg ceker ayam
Minyak goreng
Kemiri 3 buah
Bawang merah 5 siung
Kuning 2 buah
Jahe dikit aja
Ketumbar secukupnya
Garam dan penyedap
Sedikit gula putih
3 gelas air putih

Cara membuat;
Haluskan semua bumbu, kemudian tumis dan masukan 3 gelas air putih biarkan hingga mendidih tambahkan gula, garam dan penyedap. Masukan ceker dan ungke hingga air kering ( habis )
Biarkan beberapa menit / dinginkan ceker, lalu goreng hingga warna kecoklatan
Ceker siap dihidangkan.

Bahan sabal ijo:

2 siung bawang merah
Cabe rawit sebanyak – banyaknya ( sesuai selera)
Kemiri 1 buah
Segelas air
Minyak goreng
Garam dan penyedap

Cara membuat:
Haluskan cabe rawit, kemiri dan bawang merah, kemudian tumis hingga halus tambahkan segelas air putih. Aduk dan tambahkan garam dan penyedap aduk – aduk lagi hingga bumbu tercampur, masak hingga air menguap / agak kering.
Angkat lalu hidangkan


Kini ceker goreng renyah dan sambal ijo siap dinikmati!

thumbnail

RESEP DAN CARA MUDAH MEMBUAT MIE NYEMEK KHAS JAWA YANG MANTAP


Anda penggemar mie? Mie apa yang sudah anda coba? Pasti banyak ya olahan hidangan mie yang sudah anda coba? nah apakah anda salah satu dari pencinta mie / bakmie nyemek? Mie asal jawa ini memiliki cita rasa yang tinggi dan menggugah selera. Anda sudah coba? Atau anda malah hobi selelu menyantapnya? Nah belejar bikin sendiri di rumah yu!



Bahan:
1 buah mie telur
1 butir telur
3 siung bawang mersh
1 siung bawang putih
3 helai bawang daun
1 butir kemiri yang sudah di sangrai
Kol secukupnya yang telah di iris tipis
Seledri yang telah di iris tipis
Cabe rawit sesuai selera
Garam dan penyedap rasa

Cara membuat:
Tumis bumbu yang telah di haluskan ( bawang merah, bawang putih, kemiri dan cabe rawit) hingga harum kemudian masukan irisan kol dan irisan bawang daun kemudian tambahkan air hingga mendidih, masukan telur ( yang telah di kocok lepas) dan masukan garam dan bumbu penyedap. Setelah kuah agak mengental masukan mie telur ( yang telah di rebus). Aduk hingga rata
Kini bakmie nyemek siap di hidangkan , taburkan irisan cabe rawit, bawang goreng dan irisan seledri.
Selamat mencoba!


thumbnail

RESEP DAN CARA MEMBUAT KWETIAW YANG ENAK DAN GURIH

Suka kwetiaw? Yap aku juga suka kwetiaw yang di jual di pinggir jalan, rasanya enak dan hmmmm.... mantep banget.
Tapi yu kita belajar membuat kwetiaw yang enak dan mantap!


Bahan-bahan:
½ bungkus kwetiaw
1 butir telur
Kol diiris tipis secukupnya
4 siung bawang merah
Kecap secukupnya
Garam
Penyedap
Minyak goreng
Dan air putih
Cara membuat:
Iris bawang merah dan tumis hingga harum, masukan telur lalu tumis hingga harum tambahkan bunga kol yang sudah di iris tipi. Tumis hingga harum dan layu masukan kwetiaw dan setengah gelas air putih, masukan kecap, garam dan penyedap masak hingga air dalam wajan habis.

Kini kwetiaw siap di santap! (boleh juga di tambah sayuran yang lain atau suir ayam hmmm sosis juga bisa)

thumbnail

BASO GEJROT TASIKMALAYA - BASO LAGI BOOMING PALING HITZZZ DI TASIK

hai bakso lovers....bakso mana yang belum anda coba? Anda tinggal di Tasikmalaya? Wah jangan salah wisata kuliner Tasik semakin berkembang lo!
Aku udah coba Bakso kerikil mas Tono, Baso Gejrot Rince.
Apa si yang unik dari baso mas Tono? Baso nya yang banyak bikin kenyang dan enak
Kalo baso gejrot rince? Meski baso aci tapi enak banget
Bakso gejrot Rince dan baso mas Tono letaknya dekat UPI Tasikamalaya.

Nah sekarang yang lagi booming di Tasikamalya adalah Baso Gejrot, ada 4 cabang.
Pertama di belakang mayasari plaza
Di dekat Universitas Siliwangi
Di jl. R A A Wirata Nuningrat.





Menunya bervarian:
Baso medium harga Rp. 11.000
Baso gejrot harga Rp 15.000 “ ini yang ngegejrotnya lemak/minyak di baso yang ukuran kecil”
Baso istigpar saking gedenya namanya istigpar harganya Rp. 28.000
Dan ½ istigpar , setengah dari harga baso istigpar.

Nah gimana penasaran kan? Hmmmm...enak coba deh J

thumbnail

NASI LIWET LIGAR - TASIKMALAYA

Malam minggu waktunya kita jalan-jalan, kebetulan ni keponakan aku ngajak jalan-jalan malam minggu ini. Ya sudah ikut saja daripada di rumah bengong sendiri, akhirnya di pinggir jalan kita berhenti. Konon katanya dia lapar, kebetulan kita berhenti di depan nasi liwet Ligar di jalan Pasar Wetan, dekat Mayasari Plaza.
Tempatnya rame, meski pinggir jalan dan duduknya lesehan ternyata nasi liwet dan sambalnya benar-benar juara. 1porsi harganya Rp. 18.000,- isinya nasi liwet, daging ayam, ikan asin, goreng tempe dan tahu, serta lalab dan sambal. Wah mantap ya!... nah barang kali anda sedang berjalan-jalan di sekitaran Kota Tasikmalaya, dan berasa lapar gada salahnya jika anda coba nasi Liwet khas Tasikmalaya ini .












thumbnail

LOMIE DAN MIE BAKSO WK CIKUNIR - SINGAPARNA

Pencinta kuliner pasti akan selalu mencari makanan yang unik dan belum pernah di coba, nah kali ini saya mencoba makanan yang menurut saya baru. Mie lomie….mungkin di antara anda sudah terbiasa makan mie yang satu ini. Tapi bagi saya ini adalah makanan yang masih baru dan baru dicoba. Ini juga karena rasa penasaran saya, saat rekan kerja saya menceritakan mie yang satu ini. Mie yang satu ini kuahnya kental, isinya ada mie, bakso, sayuran ( kangkung dan kol), daging ayam dan jamur.
Harga 1 porsi Rp. 17.000,- dan setengah porsi Rp. 12.000,- letaknya di Jl. Jembatan Cikunir 1 Singaparna dekat stikes Respati. Tepat jembatan samping Tahu susu.







thumbnail

RUMAH MAKAN SUNDA RANCAGE - SINGAPARNA

Bagi anda yang hoby makan makanan khas sunda, ada salah satu tempat untuk anda yang mungkin bisa anda coba! Tempatnya di jalan Gebu (Gedung Bupati) Singaparna, di Rumah makan Sunda Rancage anda bisa menikmati menu makanan khas Sunda dengan harga yang murah meriah.
Menu nasi komplit ( nasi, ayam goreng, tahu, tempe, sambal,lalab dan teh hangat) hanya di bandrol Rp. 11.000,- saja. Gimana murah bukan? anda bisa menikmati makanan khas Sunda yang tentunya bikin perut anda kenyang.

Selain enak di santap, tempatnya juga nyaman terdiri dari 3 lantai. Nah bagi anda yang ingin duduk lesehan bareng teman atau keluarga, anda bisa makan di lantai 2 dan 3. Anda tertarik? Selamat mencoba !







thumbnail

BAKSO DIANA JL. GEBU - SINGAPARNA

Bakso salah satu makanan yang paling sering di cari, selain enak di santap juga membuat perut kita terasa kenyang. Makanan popular satu ini, menjadi menu wajib saat nongkrong atau berkumpul dengan teman. Nah bagi anda yang tinggal di daerah Singaparna anda bisa mencoba dan menikmati bakso Diana di jalan Gebu (Gedung Bupati) selain porsinya banyak harganya juga ramah di kantong hanya Rp. 9.000,- saja. Nah bagi anda yang penasaran selamat mencoba ya!





thumbnail

CILOK GOANG PALAY CIPASUNG - SINGAPARNA

Suka cilok goang? Bagi anda orang Tasikmalaya makanan satu ini sudah menjamur dimana-mana, tapi bagi anda yang tinggal di Singaparna mungkin Cilok Goang yang enak masih sulit di cari hehhehe…
Baru – baru ini saya juga merasakan cilok goang cipasung, yang letaknya di jalan Cipasung arah yang mau ke Galunggung tempatnya dekat dengan Kampus IAIC Singaparna
Cilok goang satu ini di bandrol mulai dari harga Rp. 5.000 hinga Rp 9.000
Cilok tulang / cilok tahu Rp 5.000
Cilok ceker Rp 6.000
Cilok tulang ceker Rp 8.000 dan
Cilok tulang sayap Rp 9.000

Nah murmer bukan??? Silahkan bagi anda yang ingin mencoba tempatnya strategis tepat di pinggir jalan


thumbnail

BAKSO ANA - SINGAPARNA

Bagi anda pencinta bakso seperti saya, pastinya tiap berkunjung ke tempat baru yang di cari adalah bakso, lidah rasanya sudah gak tahan pengen mencicipi dan membandingkan rasa bakso yang ada di kota anda. nah bagi anda yang sedang berkunjung ke daerah Singaparna tak ada salahnya jika anda berkunjung ke Bakso Ana jln. Mangunreja tempatnya di pinggir jalan kalo dari daerah Tasik jalur yang melewati Polres Singaparna. Tempatnya lesehan dan nyaman, di samping tempat makan terdapat kolam ikan. Biasanya anak-anak senang melihat ikan yang ukurannya lumayan gede-gede.
Nah silahkan datang dan mencoba bakso Ana, harga murmer sekitar Rp. 10.000 hinga Rp 12.000





thumbnail

RUMAH MAKAN SAUNG GUNUNG JATI 2 - SINGAPARNA

Kuliner kali ini kita akan jelajah kuliner Singaparna, berhubung saya baru mengenal daerah Singaparna kali ini saya akan berbagi informasi bagi anda yang sedang mencari tempat makan dan kumpul bareng teman di daerah Singaparna. Tempatnya nyaman dan makanan nya juga enak-enak.

Letaknya di jl. Mangunreja belakang Polres Singaparna anda akan menemukan salah satu rumah makan Saung Gunung Jati 2 Singaparna. Pemandangannya cukup asri dan membuat penat anda hilang. Menu bervarian, tapi saat itu kami memilih menu nasi timbel komplit.











nah bagi anda yang ingin mencicipi makanan khas sunda gak ada salahnya jika anda berkunjung ke Rumah makan Saung Gunung Jati 2.
selamat mencoba :)

.comment-content a {display: none;}