thumbnail

KATA - KATA BIJAK ( MOTIVASI ) KI HAJAR DEWANTARA

Biografi Ki Hajar Dewantara – Pahlawan Indonesia. Ki Hajar Dewantara Lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia berasal dari lingkungan keluarga kraton Yogyakarta.

Berikut kata - kata bijak yang di kutip dari Ki Hajar Dewantara:







thumbnail

KATA - KATA BIJAK ( MOTIVASI ) BUNG HATTA

Nama Lengkap : Mohammad Hatta
Alias : Bung Hatta
Profesi : Pahlawan Nasional
Agama : Islam
Tempat Lahir : Bukittinggi, Sumatera Barat
Tanggal Lahir : Selasa, 12 Agustus 1902
Zodiac : Leo
Hobby : Membaca | Menulis
Warga Negara : Indonesia

Dr. H. Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902. Pria yang akrab disapa dengan sebutan Bung Hatta ini merupakan pejuang kemerdekaan RI yang kerap disandingkan dengan Soekarno. Tak hanya sebagai pejuang kemerdekaan, Bung Hatta juga dikenal sebagai seorang organisatoris, aktivis partai politik, negarawan, proklamator, pelopor koperasi, dan seorang wakil presiden pertama di Indonesia.


Berikut Kata-Kata Bijak Bung Hatta:









thumbnail

BISUL - PENYEBAB , GEJALA DAN CARA MENGATASINYA

Pernahkah anda mengalami rasa sakit di tubuh anda? Awalnya hanya bercak merah lalu kemudian mengeras dan menjadi sebuah benjolan, ya hal ini yang di sebut dengan bisul.

Penyebab bisul
Penyebab utama bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat ditemukan pada kulit dan di dalam hidung manusia tanpa memicu infeksi apa pun. Infeksi terjadi jika bakteri masuk hingga ke folikel melalui luka gores atau gigitan serangga.

Gejala bisul
Kulit ruam – ruam merah
Tumbuh menjadi sebuah benjolan dan mengeras
Di bagian tengah benjolan terdapat nanah yang mengumpul ( orang sunda bilang mata bisul)
Rasanya sakit
Kadang menimbulkan demam

Cara mengatasi bisul
Kompres bisul dengan air hangat, agar tidak terasa sakit dan cepat pecah
Minum obat penahan nyeri
Dan hidup pola sehat dan bersih

Bisul bisa menyerang siapa saja, dari balita hingga lansia, bisul ini termasuk penyakit yang menular. Bisa saja satu rumah mengalami bisul pada waktu yang sama. Usahakan hidup bersih agar anda tidak bisulan.
Kadang ada mitos jangan makan telur agar tidak bisulan, padahal bisul di akibatkan oleh bakteri. Tapi bisa jadi orang tersebut alergi terhadap telur.

Yu hidup sehat dan bersih agar terhidar dari bisul, bisul bisa berada di semua tubuh bagian kita dimana aja gak kena tempat, kadang tempatnya ga sopan dan sembarang itu ganggu banget aktivitas kita.

thumbnail

RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI KUNING GORENG PEDAS

suka makan nasi goreng?
Rasa manis? Atau asin? Kali ini saya akan membagikan resep yang sering mamah saya masak sewaktu saya masih kecil. Penasaran pengen nyoba buat keponakan saya dan teman –temannya yang baru pulang main, pasti anak-anak kelaperan donk. Daripada ngasih makanan yang enggak – engak mending masakin nasi goreng kuning, karena keponakan saya dan temannya suka pedas, maka kali ini saya membuat nasi goreng kuning pedas. Rasanya mantap, selain lebih sehat karena kandungan dalam rempahnya juga lebih enak dari nasi goreng biasanya.

Bahan:
3 piring nasi putih
3 siung bawang merah
2 buah kemiri
1 buah kuning
Cabe rawit secukupnya
1 butir telur
Ayam suir
Toping ( sayuran, sosis, apa aja sesuai selera)
Garam secukupnya

Cara membuat:
Haluskan bawang merah, kemiri, kuning dan cabe rawit lalu tumis hingga harum, masukan telur dan sayuran ( kol/wortel) lalu tumis dan aduk-aduk kemudian  masukan nasi, aduk hingga semua tercampur. Masukan suiran ayam dan garam. Aduk hingga merata.

Kini nasi goreng kuning pedas siap di santap!

thumbnail

RESEP DAN CARA MUDAH MEMBUAT CEKER GORENG YANG RENYAH DAN SAMBAL IJO SUPER PEDAS

Suka dengan ceker ayam? Di bumbu kecap? Pedas manis? Atau di seblak?
Bagi anda pencinta ceker ayam seperti saya, menikmati ceker ayam punya seni tersendiri, dimana kita memakan ceker ayam ini penuh dengan teknik dan cara yang unik. Makannya aja unik apalagi rasanya enak banget, meskipun bukan daging yang empuk yang kita santap, tapi ceker ayam ini lebih nikmati di banding daging ayam , menurut saya hehhe.
Nah ini adalah menu andalan yang saya bikin sendiri untuk menikmati ceker yang krispi super pedas. Namanya ceker goreng sambal ijo, biar aga lebay kita ganti namanya menjadi cekyur ronggeng sambal cocol.

Bahan ceker goreng:
¼ kg ceker ayam
Minyak goreng
Kemiri 3 buah
Bawang merah 5 siung
Kuning 2 buah
Jahe dikit aja
Ketumbar secukupnya
Garam dan penyedap
Sedikit gula putih
3 gelas air putih

Cara membuat;
Haluskan semua bumbu, kemudian tumis dan masukan 3 gelas air putih biarkan hingga mendidih tambahkan gula, garam dan penyedap. Masukan ceker dan ungke hingga air kering ( habis )
Biarkan beberapa menit / dinginkan ceker, lalu goreng hingga warna kecoklatan
Ceker siap dihidangkan.

Bahan sabal ijo:

2 siung bawang merah
Cabe rawit sebanyak – banyaknya ( sesuai selera)
Kemiri 1 buah
Segelas air
Minyak goreng
Garam dan penyedap

Cara membuat:
Haluskan cabe rawit, kemiri dan bawang merah, kemudian tumis hingga halus tambahkan segelas air putih. Aduk dan tambahkan garam dan penyedap aduk – aduk lagi hingga bumbu tercampur, masak hingga air menguap / agak kering.
Angkat lalu hidangkan


Kini ceker goreng renyah dan sambal ijo siap dinikmati!

thumbnail

KEISTIMEWAAN BULAN RAMADHAN

Memasuki bulan Ramdhan, kita semua menyambut dengan penuh dengan bahagia. Siapa yang tidak berbahagia, di bulan Ramadhan semua amal kita dilipat gandakan, setiap amalan yang kita lakukan akan menghapus dosa-dosa kita, dan sebagai bulan yang Suci untuk mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Di bulan Ramdhan begitu banyak keistimewaan yang terkandung di dalamnya, sebagaimana firman dan hadist berikut ini:

Khutbah Rasululah saw pada akhir bulan Sa`ban “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Bukhori-Muslim).













thumbnail

KEISTIMEWAAN BULAN RAJAB

Bulan Rajab adalah bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Bulan Rajab ini sangat baik digunakan untuk mendapatkan amalan-amalan kebaikan untuk kita tingkatkan, di bulan ini mari kita perbanyak beribdah dan bertaubat. Karena bulan ini adalah bulan yang sangat istimewa.


Berikut beberapa hadist yang menerangkan tentang kemuliaan bulan Rajab:






thumbnail

BOLEHKAH KITA CURHAT TENTANG KEBURUKAN KITA?


Saat kita bahagia ataupun sedih rasanya ingin berbagi cerita, memberi kabar bahwa hati kita sedang berduka atau berbahagia. Hal kecil hingga besar kadang di dalam hati ada sesuatu yang ingin di sampaikan.
Hemmmm.... curahan hati hanya bisa di sampaikan kepada sahabat sejati yang tentunya harus bisa di percaya.
Banyak hal yang boleh kita ceritakan kepada orang lain/ orang terdekat, tapi ada banyak hal yang tak perlu orang lain tahu.
Nah sobat kesalahan fatal yang sering kita lakukan adalah, ketika hati kita senang melakukan sebuah kebodohan atau sesuatu yang menantang, dan kita berhasil melewatinya rasanya belum puas jika belum cerita.
Hmmmm.... tapi? Gini lo sobat, ada hal yang gak bisa kita ceritakan semuanya ke orang lain. Apalagi tentang masalah pribadi yang sangat mendetail.
Contohnya mengumbar aib pribadi dengan bangga, dari sebagian orang melakukan seperti perselingkuhan, atau hal yang lebih extrem dari itu adalah hal yang membanggakan dan kurang sreg kalo gak cerita. Atau anda punya masalah berat yang anda hadapi dan itu sulit anda lalui anda ceritakan pada orang lain, sedang itu adalah aib yang anda pikul.
Maka apa yang terjadi? Boleh jadi orang itu amat sangat anda percaya, tapi tak ada satupun manusia yang bia menjaga rahasia, bisa jadi rahasia/aib anda akan sampai ke mulut yang lain. Dari satu mulut hingga ke mulut yang lainnya.
Atau mungkin jadi senjata yang di pegang oleh orang yang anda percaya, dan jika anda ada masalah bisa saja hal itu yang akan menjadi boomerang bagi anda.
Kalo bisa jangan umbar aib sendiri, membicarakan orang lain saja gak boleh. Apalagi kalo kita ngumbar aib sendiri.
Boleh curhat tapi ada hal – hal yang harus anda perhitungkan, kalo hal kecil yang tidak berkaitan dengan nama baik anda boleh lah... tapi kalo ada jangan ya. Gak semua orang bisa anda percaya bisa saja suatu saat menikam anda.
Berfikirlah yang cerdas, dan perhitungkan hal apa yang pantas dan tidak yang akan anda bagi sama orang yang anda percaya.

Nah... sedikit banyak untuk mengingatkan diri kita. Bahwa tak semua orang berhak tahu tentang diri kita

thumbnail

MITOS TENTANG POHON DAN BUAH PEPAYA

Semua orang tahu manfaat dari buah pepaya, manfaat dan kandungannya benar-benar menjadi salah satu buah favorit dengan harga yang terjangkau.
Kaya akan serat dan vitamin, untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Widih biar sehat dan awet muda donk ya, tapi tahukah anda di balik rasanya yang enak dan manis si buah pepaya ini juga memiliki mitos yang masih di percaya masyarakat kita.

Jangan makan pepaya busuk

Percaya atua tidak, memakan buah pepaya yang busuk di percaya bahwa jika seorang wanita memakan buah pepaya yang busuk, maka di kemudian hari payudara si wanita tersebut akan mengalami hal yang tidak menyenangkan, konon katanya akan mengalami pembusukan di bagian payudara. Serem ya

Jangan naik pohon pepaya

Jaman dulu di percaya orang yang naik pohon pepaya, hanya sekedar iseng ( main-main), tinggi rendahnya pohon itu, apabila si pemanjat jatuh akan mengalami kegilaan. Tak seberapa besar parah jatuhnya di percaya akan menjadi gila.

Hmmm... bener gak sih? Percaya ga?

thumbnail

MITOS SEPUTAR POHON PISANG DAN BUAHNYA


Apakah anda penikmat buah yang satu ini? Rasanya manis dan legit di mulut dan bikin kenyang, manfaat dan kandungan dalam buahnya melimpah. Tentunya banyak olahan yang di buat dari buah satu ini. Bolu, sale, pisang goreng dan banyak lagi.
Dan tahukah anda beberapa mitos tentang pohon pisan?

Nah ini dia mitos tentang pisang:

Jangan makan pisang yang berdempet.

Tahukah anda? Bagi ibu-ibu atau perempuan, makan pisang yang dempet ini merupakan pantangan yang sangat di larang. Masyarakat percaya bahwa makan pisang dempet akan menjadikan kita sial dikemudian hari, konon katanya yang memakan pisang dempet, maka akan melahirkan keturunan yang berdempetan.

Jangan makan pisang bagian pinggir

Nah lo?? Maksudnya gimana ya? Padahal bagian tengah atau pinggirnya sama-sama pisang. Tapi katanya makan pisang bagian pinggir kita akan mengalami nasib sial, kita akan di sisihkan dari keluarga kita sendiri, atau tepatnya kasih sayang yang kita terima dengan saudara kita berbeda, kita akan mengalami nasib naas gak di anggap. Uhhhh... sedih ya

Jangan injak-injak / pukul –pukul gedebog pisang

Jaman dahulu gedebog pisang di pakai untuk sandaran/alasan bagi orangnya yang meninggal. Untu memandikan jenazah gedebog pisang ini sangat bermanfaat sebagai alas. Konon bekas gedebog ini gak boleh di banting, di injak atau dipukul. Karena rasa sakitnya akan kena ke mayat yang tadi di mandiin


Nah percaya atau tidak, kembali ke anda!

.comment-content a {display: none;}